Cara Memasangkan Telepon Dengan Mobil Anda

Bluetooth adalah teknologi nirkabel yang memungkinkan terciptanya jaringan lokal yang aman, menjadikannya sempurna untuk koneksi jarak pendek antara perangkat seperti ponsel Anda dan head unit mobil atau ponsel Anda dan car kit atau headset Bluetooth hands-free.

Apa itu Penyandingan Bluetooth?

Proses pengaturan jaringan Bluetooth disebut sebagai “penyandingan” karena jaringan hanya terdiri dari satu “pasangan” perangkat. Meskipun seringkali mungkin untuk memasangkan satu perangkat ke beberapa perangkat lain, setiap koneksi aman dan unik.

Untuk memasangkan ponsel ke stereo mobil, ponsel dan head unit harus kompatibel dengan Bluetooth.

Sebagian besar sistem infotainment mobil menawarkan konektivitas Bluetooth, yang memungkinkan panggilan bebas genggam tanpa hambatan. Fungsi yang sama ini juga ditawarkan oleh stereo mobil Bluetooth aftermarket dan OEM, dan Anda dapat menambahkannya ke sistem yang lebih lama dengan car kit hands-free.

Untuk menggunakan ponsel Anda untuk panggilan bebas genggam, Anda memerlukan:

  • Ponsel berkemampuan Bluetooth.
  • Sistem infotainment berkemampuan Bluetooth atau sistem audio mobil.
  • PIN untuk infotainment atau sistem audio Anda.

Selain itu, mungkin berguna untuk memiliki dudukan telepon.

Verifikasi Bahwa Ponsel Anda Memiliki Bluetooth, dan Nyalakan

Memasangkan telepon ke sistem audio mobil bervariasi tergantung pada telepon dan pengaturan infotainment atau sistem audio. Sebagian besar langkah-langkah ini diterjemahkan dalam satu atau lain cara terlepas dari jenis ponsel yang Anda miliki dan mobil yang Anda kendarai. Langkah pertama, bagaimanapun, adalah memastikan bahwa Anda memiliki alat yang tepat.

Langkah pertama untuk memasangkan telepon dengan stereo mobil adalah memverifikasi bahwa telepon Anda memiliki Bluetooth.

Nyalakan ponsel Anda, jika dimatikan, dan verifikasi bahwa Anda memiliki Bluetooth. Simbol Bluetooth terlihat seperti huruf besar B yang dilapis dengan X. Jika Anda terbiasa dengan rune, itu adalah rune bind yang terdiri dari “hagall” dan “bjarkan,” karena teknologi ini berasal dari Skandinavia. Jika Anda melihat simbol ini di mana saja di area status ponsel Anda atau di menu, ponsel Anda mungkin memiliki Bluetooth.

Saat menelusuri menu, catat di mana opsi “jadikan ponsel dapat ditemukan” dan “cari perangkat”. Anda akan membutuhkannya sebentar lagi. Namun, sebagian besar ponsel tetap dapat ditemukan selama beberapa menit, jadi Anda belum perlu mengaktifkannya.

Jika head unit atau ponsel Anda tidak memiliki Bluetooth, ada cara lain untuk mendapatkan Bluetooth di mobil Anda.

Periksa Pengaturan Telepon Infotainment atau Sistem Audio

Beberapa kendaraan memiliki tombol yang dapat Anda tekan untuk memulai proses pemasangan, dan kendaraan lain memungkinkan Anda mengucapkan perintah suara, seperti “pasangkan Bluetooth”. Kendaraan lain rumit karena Anda harus melihat melalui sistem infotainment. Dalam hal ini, langkah selanjutnya adalah menavigasi ke pengaturan telepon di menu sistem infotainment.

Jika Anda tidak dapat menemukan tombol “pasangkan Bluetooth”, dan mobil Anda tidak mendukung perintah suara, bacalah panduan pemilik untuk mengetahui cara memasangkan sistem infotainment atau stereo mobil dengan telepon Anda.

Cari Ponsel Anda atau Atur Sistem Mobil ke Dapat Ditemukan

Langkah ini adalah saat Anda perlu mengetahui di mana opsi “setel ke dapat ditemukan” dan “cari perangkat” di ponsel Anda. Tergantung pada pengaturan sistem audio atau infotainment Anda, baik mobil Anda mencari ponsel Anda atau sebaliknya. Dalam kedua kasus, kedua perangkat harus siap untuk mencari atau ditemukan dalam jendela yang sama sekitar dua menit.

Dalam hal ini, navigasikan ke “Bluetooth” di menu pengaturan telepon pada sistem infotainment untuk memulai. Sistem infotainment atau stereo mobil Bluetooth Anda mungkin sedikit berbeda dalam detailnya, tetapi ide dasarnya harus sama.

Setel ke Ponsel Anda ke Dapat Ditemukan atau Pindai Perangkat

Setelah mobil Anda mencari ponsel Anda atau siap ditemukan, alihkan ke ponsel Anda. Karena Anda berurusan dengan waktu terbatas untuk menyelesaikan langkah ini, letakkan ponsel Anda di menu yang benar. Langkah-langkah yang tepat tergantung pada bagaimana head unit Anda bekerja.

Jika mobil mencari ponsel Anda, setel ponsel ke “dapat ditemukan” sehingga kendaraan dapat melakukan ping ke ponsel Anda, menemukannya, dan memasangkannya.

Jika unit kepala mobil Anda sendiri disetel ke “dapat ditemukan”, minta ponsel Anda “memindai perangkat”. Mode ini memungkinkannya mencari perangkat apa pun (termasuk sistem audio mobil, keyboard nirkabel, dan periferal Bluetooth lainnya) di area yang tersedia untuk koneksi.

Proses pemasangan mungkin tidak berhasil pada awalnya. Bisa jadi karena keterbatasan waktu dan salah satu perangkat menyerah sebelum yang lain siap dipasangkan, jadi cobalah beberapa kali sebelum menyerah.

Ada alasan lain mengapa Bluetooth tidak dapat dipasangkan, mulai dari gangguan hingga ketidakcocokan Bluetooth. Jadi, jangan menyerah jika pertama kali tidak bekerja dengan sempurna.

Pilih Perangkat Bluetooth untuk Dipasangkan

Jika ponsel Anda berhasil menemukan sistem panggilan handsfree mobil Anda, itu akan muncul di daftar perangkat yang tersedia. Dalam hal ini, sistem panggilan bebas genggam Toyota Camry disebut “bebas genggam” dalam daftar.

Setelah memilih perangkat, masukkan kunci sandi atau frasa sandi untuk memasangkan perangkat. Setiap mobil dilengkapi dengan kunci sandi prasetel, yang biasanya dapat Anda temukan di manual pengguna. Jika Anda tidak memiliki manual, atur kunci sandi dari menu pengaturan telepon sistem infotainment Anda. Dan jika itu tidak berhasil, dealer lokal Anda mungkin dapat memberi Anda kunci sandi asli.

Banyak perangkat Bluetooth menggunakan “1234,” “1111,” dan kunci sandi sederhana lainnya secara default.

Jika Anda memasukkan kunci sandi yang benar, telepon Anda akan dipasangkan dengan sistem panggilan bebas genggam di mobil Anda.

Jika tidak, ulangi langkah-langkah yang telah Anda ambil dan pastikan Anda memasukkan kunci sandi yang benar. Karena kunci sandi default dapat diubah, kunci sandi default mungkin tidak berfungsi di beberapa kendaraan bekas. Dalam hal ini, pasangkan kembali ponsel Anda setelah mengubah kunci sandi menjadi yang lain.

Cara Mengirim dan Menerima Panggilan Anda Bebas Genggam

Setelah memasangkan ponsel Bluetooth Anda dengan mobil Anda, pastikan semuanya berfungsi dengan benar. Tergantung pada spesifikasi kendaraan Anda, Anda dapat melakukannya dengan beberapa cara.

Di Toyota Camry ini, tombol di setir mengaktifkan dan mematikan mode panggilan handsfree. Anda dapat melakukan panggilan dengan mengakses telepon melalui layar sentuh sistem infotainment.

Beberapa kendaraan memiliki satu tombol yang mengaktifkan fungsi kontrol suara dari sistem infotainment. Gunakan tombol ini untuk melakukan panggilan, mengatur titik arah navigasi, mengontrol radio, dan melakukan fungsi lainnya.

Kendaraan lain memiliki kontrol suara yang selalu aktif yang aktif saat Anda mengeluarkan perintah.

Untuk informasi lebih lengkap Anda bisa mengunjungi https://www.caraqu.com.

Leave a Comment