Membaca Simbol Akor

Simbol akor terlihat pada lembaran musik di atas treble, bass, atau grand stave. Musisi seperti pemain gitar dan keyboard mengikuti simbol-simbol ini untuk memberi tahu mereka nada atau senar apa yang harus dimainkan. Ini memberikan pedoman bagi musisi untuk menampilkan pengetahuan dan keahlian mereka pada instrumen mereka karena Anda tidak memiliki nada yang tepat untuk dimainkan seperti nada yang tertulis di tongkat. Tetapi untuk dapat memainkan simbol akord Anda chord memerlukan informasi. Artikel ini mencakup akord termasuk berbagai jenis akord.

Akord :

Akord adalah sekelompok tiga nada atau lebih yang dimainkan pada saat yang sama dan dibangun dari derajat skala. Ada berbagai akord sebagai berikut.

Major Chord : Sebuah chord mayor dibangun dari tingkat pertama, ketiga dan kelima dari skala mayor, misalnya akord mayor AC memiliki nada CE G. Simbol yang tertulis pada lembaran musik adalah huruf kapital dari nama tangga nada tersebut. misalnya C. Catatan akord akan menjadi CEG

Akor Minor : Akord minor dibangun dari tingkat pertama, ketiga dan kelima tangga nada mayor dengan derajat ketiga diturunkan satu seminada. Atau, jika Anda mengetahui tangga nada minor, akord minor dibuat dari tingkat pertama, ketiga dan kelima tangga nada minor. Simbol yang tertulis pada lembaran musik adalah huruf nama tangga nada diikuti sedikit “m” untuk minor misalnya Cm. Catatan akordnya adalah C Eb G

Akor Ketujuh : Ada empat macam akord ketujuh.

sebuah. akord dominan ketujuh : Ini dibangun dari tingkat pertama, ketiga dan kelima tangga nada mayor dengan derajat ketujuh diturunkan satu seminada. Simbol yang tertulis pada lembaran musik adalah huruf kapital diikuti oleh 7 misalnya C7 ( 7 sebenarnya lebih kecil dari ini dan diletakkan lebih tinggi pada huruf ). Catatan akordnya adalah CEG Bb.

B. akord minor ketujuh : Ini dibangun dari tingkat pertama, ketiga dan kelima tangga nada mayor dengan derajat ketiga dan ketujuh diturunkan satu seminada. Atau, akord minor ketujuh dapat dibangun dari tingkat pertama, ketiga dan kelima dan ketujuh dari skala minor alami. Simbol yang tertulis pada lembaran musik adalah huruf not diikuti dengan “m” atau “min” dan kemudian 7 misalnya Cm7 atau C min7. Nada nadanya adalah C Eb G Bb.

C. akord ketujuh mayor : Ini dibangun dari tingkat pertama, ketiga, kelima dan ketujuh dari tangga nada mayor. Simbol yang tertulis pada lembaran musik adalah huruf kapital diikuti dengan maj7 misalnya Cmaj7. Catatan akordnya adalah CEG B>

D. akord ketujuh yang berkurang : Ini dibangun dari tingkat pertama, ketiga, kelima dan ketujuh dari tangga nada mayor dengan derajat ketiga dan kelima diturunkan satu seminada dan derajat ketujuh diturunkan dua seminada. Alternatif akord ketujuh yang diperkecil terdiri dari interval ke-3 minor. Simbol yang tertulis pada lembaran musik adalah huruf not diikuti oleh redup, ‘lingkaran kecil seperti salah satunya dalam tanda persen- %’ atau redup 7 misalnya C redup, C lingkaran kecil, C redup7. Nada nadanya adalah C Eb Gb Bbb. Harap dicatat bahwa C ke Eb dan Eb ke Gb dan Gb ke Bbb semuanya minor ke-3.

Keenam Chords dibangun dari tingkat pertama, ketiga dan kelima dari skala besar Simbol yang tertulis pada lembaran musik

Sembilan Akor dibangun dari tingkat pertama, ketiga, kelima, ketujuh dan kesembilan dari tangga nada mayor dengan derajat ketujuh diturunkan satu seminada. Contoh lambang yang tertulis pada lembaran musik adalah C9. Catatan akordnya adalah CEG Bb D.

Eleventh Chords dibangun dari tingkat pertama, ketiga, kelima, ketujuh, kesembilan dan kesebelas dari tangga nada mayor dengan nada ketujuh diturunkan satu seminada. Contoh simbol yang tertulis pada lembaran musik adalah C11. Catatan akordnya adalah CEG Bb DF

Ketigabelas Chords dibangun dari pertama, ketiga, kelima, ketujuh, kesembilan, kesebelas dan tiga belas derajat skala besar. Contoh lambang yang tertulis pada lembaran musik adalah C13. Ada tiga jenis, yaitu akord 13 dominan di mana Anda menurunkan nada ketujuh dengan satu seminada misalnya CEG Bb DF# A, akord 13 mayor misalnya CEGBDF# A dan akord ke-13 menggunakan derajat di atas dari tangga nada minor misalnya C Eb G Bb DF A. Harap diperhatikan bahwa nada ke-11 dinaikkan satu semitone dalam jazz untuk menghindari bentrokan dengan nada ke-3, oleh karena itu F#.

Augmented Chords : Ini dibangun dari derajat pertama, ketiga dan kelima dari tangga nada mayor dengan derajat kelima dinaikkan satu seminada. Simbol yang tertulis pada lembaran musik adalah “aug” atau “+” misalnya C aug atau C+. Catatan akord akan menjadi CEG#. Ini berlaku untuk akord apa pun hingga akor ketujuh.

Altered Chords : Akord ini adalah akord yang dibuat dari akord dasar seperti yang terlihat di atas tetapi dengan satu atau lebih nada yang diubah.

~ tanda “-” atau “b” menunjukkan untuk menurunkan nada sebanyak satu seminada.

~ tanda “+” atau # berarti menaikkan nada dengan setengah nada. Tanda “+” akan mengacu pada not ke-5 dari sebuah akord saat digunakan dengan akord ke-7. Tanda akan ditempatkan sebelum nomor.

 

 

Leave a Comment