4 Tips Perawatan Penting untuk Merawat Mesin Mobil Anda

Ikuti kami untuk mengetahui apa yang harus dan tidak boleh dilakukan untuk memiliki mesin mobil yang lebih baik.

Memiliki mobil memang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tentu saja, kami menimbang bahwa harus ada lebih banyak pro daripada kontra untuk sepenuhnya meyakinkan diri sendiri bahwa kendaraan roda 4 kami benar-benar membuat hidup kami sedikit lebih nyaman. Banyak pemilik mobil mendidik diri mereka sendiri dasar-dasar tidak hanya mengemudi dan aturan dan peraturan jalan, tetapi juga pengetahuan tentang perawatan mobil serta tips pemecahan masalah.

Karena itulah para pemilik kendaraan pintar ini meluangkan waktu untuk melakukan riset tentang pencegahan dan perawatan mobil mereka. Mereka menemukan informasi yang relevan tentang contoh kegagalan mobil dari kolega, teman, sesama pemilik mobil, dan pakar dan tentu saja dari internet.

Mereka menerapkannya pada pengalaman mereka sendiri dan dengan demikian membangun kesimpulan mereka sendiri. Tetapi apakah solusi ini berhasil atau tidak, setiap pemilik kendaraan tahu bahwa mencegah pasti lebih baik daripada mengobati; tetapi dalam hal ini, perbaikan. Ini berlaku terutama untuk bagian mobil yang sangat penting seperti mesin.

Merawat mesin mobil dan menjaganya agar tetap dalam kondisi terbaiknya jelas merupakan tugas yang layak dilakukan berulang-ulang. Jika tidak, mungkin akan tiba saatnya ketika mesin menyerah dan uang, waktu, dan upaya yang dapat Anda gunakan untuk melakukan pemeriksaan perawatan cepat menjadi tiga kali lipat atau lebih untuk menyelesaikan perbaikan yang diperlukan.

Jadi untuk membantu Anda mengetahui apa yang harus Anda cari saat melakukan pemeriksaan perawatan mesin mobil, kami telah membuat daftar hal terpenting yang harus diingat. Baca terus untuk mengetahui cara melakukan pemeriksaan perawatan DIY dengan benar untuk performa mesin terbaik dan tahan lama.

1. Bersihkan Oli Mesin Secara Teratur

Pernahkah Anda memperhatikan bagaimana sebuah mobil entah bagaimana mirip dengan tubuh manusia? Seperti bagaimana mesin adalah jantungnya dan setiap bagian lainnya terhubung dengannya sehingga seluruh mobil dapat berfungsi dengan baik. Tidak seperti tubuh manusia, ia tidak memiliki bagian yang benar-benar membersihkan dan memperbaiki dirinya sendiri.

Jadi sudah menjadi tanggung jawab pemilik mobil untuk membersihkan kotoran yang menumpuk di oli. Kotoran dalam oli mesin mungkin baik-baik saja pada awalnya dan mobil bisa lewat tanpa harus membersihkannya, tetapi tidak akan lama sebelum mulai berkurang dan akhirnya berhenti berfungsi.

Di sinilah biaya perbaikan masuk yang benar-benar bisa membuat pemilik mobil geleng-geleng kepala. Bagian dari proses pemeliharaan ini tidak boleh terlalu sulit atau terlalu mahal untuk dilakukan; sampai Anda menunggu keadaan menjadi lebih buruk. Oli mesin memainkan peran penting dan menjaga bagian-bagian kecil mesin tetap terlumasi.

Bayangkan sebuah mesin berjalan dengan oli kotor; Anda hampir dapat mendengar gerinda bagian interior. Frekuensi penggantian oli mesin bisa berbeda antara satu mobil dengan mobil lainnya. Dalam beberapa kasus, mobil mungkin memerlukan penggantian oli setiap jarak tempuh 5.000; itu sekitar 8.000 kilometer.

Berbicara tentang oli mesin, pastikan juga untuk mengganti filter oli. Ini mencegah kotoran masuk dan keluar dari bagian-bagian mesin yang halus. Ia menangkap bahkan kontaminan asing dan memisahkannya dari minyak bersih. Mengganti filter sesekali akan menghambat penyumbatan dan memastikan kinerja mesin yang maksimal.

2. Periksa Sistem Pendingin

Sistem pendingin tidak hanya terdiri dari satu bagian tertentu tetapi sebenarnya terdiri dari termostat, pendingin, pompa air, dan radiator. Seseorang dapat mengetahui apa yang dilakukan sistem pendingin hanya dari namanya, tetapi pertanyaannya adalah bagaimana kita merawatnya?

Mulailah dengan memastikan bahwa ada cukup banyak cairan radiator atau cairan pendingin di dalam mesin. Memeriksa pendingin itu mudah, cukup buka kap mesin dan cari tangki bening dengan cairan oranye atau hijau. Juga harus ada tanda pada tangki yang menunjukkan kapasitas maksimum serta kapasitas minimum pendingin yang dibutuhkan. Pastikan pendingin berada di antara kedua indikator ini dan semuanya akan baik-baik saja.

Pendingin bekerja dengan mengelilingi bagian-bagian mesin setiap kali termostat mendeteksi bagian di suatu tempat yang mulai terlalu panas. Pompa air berfungsi sebagai penghisap sehingga dapat menarik kembali cairan pendingin dari radiator mesin dan mendorongnya ke dalam blok mesin. Setelah mendinginkan area mana pun, pompa air mengirimkan cairan pendingin ke radiator lagi untuk didinginkan.

3. Ganti Filter Udara Bila Diperlukan

Filter udara memastikan tidak ada kontaminan asing yang masuk ke mesin. Kontaminan asing ini bisa berupa serangga, kerikil, daun, pasir, kotoran, dan banyak hal lain yang tidak termasuk dalam mesin. Meskipun filter udara dibuat untuk bertahan lama, bukan berarti tidak perlu diganti.

Seberapa sering filter mobil harus diganti sangat tergantung pada kebiasaan pengemudi dan medan dan lingkungan apa yang biasanya dilalui mobil. Mengganti filter udara akan membantu mobil Anda “menghirup” udara segar dan mencegah elemen yang tidak perlu bercampur ke dalam sistem kendaraan Anda.

4. Periksa Apakah Anda Bisa Mencium Kebocoran

Panas yang hebat di Filipina benar-benar sesuatu yang tidak dialami banyak negara lain. Ini juga sesuatu yang perlu dikhawatirkan dalam hal keselamatan mesin mobil. Panas yang ekstrem di negara kita dapat melemahkan selang mesin mobil apa pun. Dapat juga diamati bahwa sebagian besar selang yang saling berhubungan disegel oleh karet atau oleh beberapa bahan tertentu yang akhirnya aus.

Dan karena suhu ekstrim di negara ini, proses pemakaian dipercepat sehingga menyebabkan kebocoran. Tidak sulit untuk mendeteksi kebocoran karena bau cairan mesin dapat langsung diketahui setelah seseorang turun dari kendaraan. Jika mobil diparkir semalaman, oli yang bocor dapat menumpuk dan segera menarik perhatian pemilik mobil.

Ini adalah cara paling praktis untuk memperpanjang umur mesin mobil Anda. Yang terbaik adalah menjaga rutinitas perawatan mobil secara teratur daripada pengeluaran boros satu kali untuk perbaikan dan penggantian. Lebih dari sekedar estetika, kebanyakan pemilik mobil lebih memilih untuk memperhatikan performa mobil terlebih dahulu; terutama mesin.

Untuk mendapatkan berita lebih lengkap Anda bisa mengunjungi Informasi Teknologi.

Leave a Comment